Langsung ke konten utama

Q & A Penjajahan Syahwat

Session Q & A
Penjajahan Syahwat
Oleh : Ustazdah Asri Supatmiati
(Penulis Buku dan Jurnalis)


Pertanyaan 1
Laki-laki dan perempuan harus ghodul bashor itu gimana ya?

Jawaban:

Ringkasnya:

Ghodul bashor artinya menahan pandangan atau memalingkan pandangan. Dari apa? (1) Dari aurat dan (2) Dari hal-hal yang merangsang syahwat, meski itu bukan aurat.

Contoh:
Laki lihat wanita (dan sebaliknya wanita lihat laki) yang tidak menutup aurat, harus berpaling.  Dosa jika sengaja memandanginya.

Laki lihat wanita (dan sebaliknya wanita lihat laki) yang sudah nutup aurat maka:

(1) tidak apa-apa asal tidak menimbulkan syahwat.
Misal dalam muamalah jual beli, pendidikan, murid-murid laki-laki di kelas lihat gurunya wanita saat mengajar. 

(2). Harus memalingkan pandangan jika sudah muncul syahwat.
Misal lihat foto-foto akhwat berhijab tapi jadi nafsu, wajib palingkan/tundukkan/tahan pandangan. Jangan lihat foto-foto akhwat tersebut

Dalil ghodul bashor:
QS An-Nur ayat 30 à perintah ghodul bashor untuk laki-laki
قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ۚ ذَٰلِكَ أَزْكَىٰ لَهُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ


“Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat".

QS An-Nur ayat 31 à perintah ghodul bashor untuk wanita.
وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا ۖ وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ ۖ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الْإِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَىٰ عَوْرَاتِ النِّسَاءِ ۖ وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنَّ ۚ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ


Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

Pertanyaan 2
Saya punya anak usia 18 bulan dan sekarang sedang hamil anak kedua, saya tinggal di kota yang bisa dibilang berkembang dan terkenal dengan pergaulan bebasnya. Yang ingin saya tanyakan (1) bagaimana caranya menghindarkan anak dari perilaku penyimpangan syahwat, perzinahan dll sejak dini, menurut Islam. (2) Bagaimana mengetahui sejak dini mengenai penyimpangan syahwat yang terjadi pada diri anak. Terima kasih

Jawaban:

Poin (1) Cara hindari anak dari penyimpangan syahwat sejak dini:

a. Ajarkan tentang aurat itu apa dan bagaimana batasannya. Apa yang tidak boleh kelihatan di hadapan orang. Sesuaikan dengan usia. Mulai 1-2 tahun anak sudah bisa diajak bicara. Misal tidak membiasakan keluar kamar mandi telanjang.

b. Pembiasaan memisahkan anak laki dan wanita. Beda kamar. Beda ranjang. Izin jika ke kamar orangtua. Tutup pintu jika di kamar mandi dan lain-lain

c. Anak laki harus diajarkan agar maskulin. Supaya berjiwa kepemimpinan, kuat fisik, disiplin, tidak cengeng, calon imam. Caranya antara lain ajak ke masjid salat berjamaah. Faedahnya banyak. Bolak-balik ke masjid fisik jadi kuat. Tidak cengeng. Disiplin waktu. Terinspirasi imam sehingga ingin seperti mereka dan lain-lain. Ayah berperan dalam hal ini, ajak anak ke masjid.
Anak perempuan ajarkan feminim (bukan feminis ya). Ibunya harus jadi contoh.

c. Anak harus diajak ngaji, mengkaji Islam dengan pembimbing/ustaz-ustazah. Supaya paham aturan ijtima'i atau aturan pergaulan menurut Islam. Sehingga tercegah dari pacaran dst Hanya ngaji benteng efektif anak.

d. Tanamkan agar anak takut Allah Subhanahu wa Ta'ala, bukan sekadar takut orangtua. "Ayah-ibu nggak bisa ngawasi kamu 24 jam, tapi Allah Subhanahu wa Ta'ala yang mengawasi. Jadi jangan sampai berbuat di luar jalur Islam. Jangan sampai melanggar larangan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

c. Tidak membiasakan perilaku menyerupai lawan jenis, meski cuma becanda. Misal anak laki dipakaikan kerudung dengan handuknya, lalu diketawain karena lucu. Itu tidak mendidik.

Poin (2) Cara mengetahui sejak dini penyimpangan syahwat pada anak:

a. Intim/dekat dengan anak. Sering komunikasi jadi tahu apa yang ada di pikiran anak.

b. Waskat alias pengawasan melekat.

c. Pantau kecenderungannya, apakah suka hal-hal yang aneh-aneh.

Pertanyaan 3
Mohon penjelasan ekshibisionisme, voyeurisme, bestially, incest, necrophilia

Jawaban:

Ekshibisionisme: tindakan memamerkan ke publik, bagian tubuh yang tabu. Misal: alat kelamin, pay*dara, pant*t.

Voyeurisme: suka mengintip orang telanjang.

Bestially: hubungan seks dengan binatang. Seperti kamping, sapi dll.

Incest: hubungan seks dengan keluarga sedarah. Anak dengan ayah. dll

Necrophilia: hubungan seks dengan mayat.

Na'udzubillaahi min dzalik.

Pertanyaan 4
Bagaimanakah solusinya jika memiliki teman yang suka berpacaran bahkan sampai tahap sudah berzina dengan pacarnya bolakbalik hotel, dan dengan bangganya di publish ke socmed, sudah diingatkan dengan teguran halus, disindir dengan status, dikirim video dakwah, tetap saja tidak digubris.

Jawaban:

Solusi jika teman pacaran, sudah diingatkan gak tobat.

Ya sudah gimana lagi, kalau sudah didakwahi tidak mempan. :blush:

Jalan terakhir didoakan saja supaya tobat.  Doa yang spesifik, di waktu-waktu mustajab, seperti saat hujan, 1/3 malam terakhir, antara maghrib dan isya'.

Benar-benar ikhlas mendoakannya, tulus, supaya dia dapat hidayah. Sebutkan nama lengkapnya dengan jelas dalam doa tersebut.

Pertanyaan 5
Assalamualaikum ustadzah,
Berkaitan dengan kelainan seks seperti fetish, beberapa peristiwa yang terjadi belakangan seperti orang-orang yang fetish dengan kain jarit, daster, ibu hamil, crossdresser, dan bahkan cadar, umumnya yang diberi solusi adalah untuk tidak meng-upload foto atau bahkan ada yang sampai mengharamkan meng-upload foto dengan alasan agar tidak menjadi bagian dari fitnah yang membuat para fetish semakin meraja lela.

Menurut ustadzah,
Apakah dengan tidak meng-upload foto menjadi langkah pencegahan yang tepat?
Bagaimana seharusnya mendudukkan perkara ini dengan benar dan bagaimana seharusnya kita menghadapi orang-orang yang kelainan seksual seperti mereka Jazakillahukhair atas dijawabnya pertanyaan ini

Jawaban:

 Wa'alaikumsalam.

Tentang pencegahan fetish dengan tidak upload foto, ya, bisa, itu hanya bagian kecil dari upaya saja. Itu hanya skala individual-individual, sebatas "mempersempit ruang gerak" para pelaku kelainan seksual. Nah, sikap ini juga yang harus kita ambil jika di sekitar kita ada pelaku penyimpangan. Tegas "kucilkan". Artinya, persempit ruang geraknya. Sembari nasihati sebisanya. Misal dia punya kemampuan sebagai pembawa acara, tapi melambai, coret, jangan dipakai. Buat mereka rendah diri dengan penyimpangannya, sehingga besok-besok semoga tobat.

Tapi yang paling strategis benahi pemahaman/akalnya. Manusia bertindak karena pola pikir atau pemahamannya. Paham apa? Pahamkan apa tujuan hidup, untuk apa manusia diciptakan, yakni untuk ibadah. Artinya semua perilaku harus sesuai dengan syariah Sang Pencipta.
Ini masalah aqidah.

Kalau skala negara, pencegahannya ya lewat regulasi atau aturan. Misal kurikulum pendidikan berbasis agama, sehingga anak didik tidak mengalami penyimpangan moral. Karena suburnya perilaku penyimpangan adalah tidak menjadikan agama sebagai way of life. Artinya sekulerisme, agama dicampakkan dari kehidupan.

Pertanyaan 6
Fenomena saat ini banyak remaja baper akibat akun akun romantis di medsos, novel, komik, game, film dsb menyebabkan remaja yang 'ingin' menikah di usia muda.
Dan ketika keinginan tersebut tidak dapat terlaksana justru mereka melampiaskan syahwat mereka kepada hal hal yang dilarang agama, seperti stalking akun akun lawan jenis, menyimpan foto-foto lawan jenis, hingga berhayal berlebihan tentang wanita yang diidamkan atau sebaliknya, dan lain lain. Pertanyaan saya bagaimana tanggapan dan solusi Islam mengenai hal tersebut, syukron.

Jawaban:

Memang benar sedang terjadi fenomena nikah muda yang bikin remaja baper, apalagi pelakonnya adalah para idola selebgram ikhwat-akhwat, hafizd quran dengan hijaber, bahkan yang pakai cadar.

Postingan para pasangan muda ini tak lepas dari romantisme. Memprovokasi jomblo-jomblo, sehingga tanpa sadar telah membangkitkan syahwat mereka.

Ini termasuk yang saya kritisi di tulisan terbaru saya di tabloid Media Umat. Karena, ada pasangan muda yang bertemu jodohnya dari media sosial, baru beberapa bulan nikah, eh, cerai. Padahal pelakonnya hafizd quran dan hijaber. Usia 18 tahun sudah menjanda. Kok bisa?

Ini yang sangat memprihatinkan. Seharusnya sebagai muslim, apalagi hafizd Alquran dan hijaber yang notabene representasi dari muslim taat, menjaga izzah, menjaga privacy. Termasuk, masalah syahwat/ghorizah nau' adalah masalah privacy. Jadi tidak pada tempatnya diumbar ke publik.

Saat ini kita temukan, hijaber dan bahkan yang bercadar, menutup aurat dengan sempurna, tetapi mengumbar privacynya dengan sempurna pula. Misal: urusan dapur sampai kasur diposting di medsos.

Adapun perilaku stalking akun-akun lawan jenis atau menyimpan foto-foto mereka, bahkan mengkhayalkan hal-hal yang membangkitkan syahwat, tentu tidak boleh, karena itu melanggar perintah untuk ghodul bashor/memalingkan/menahan pandangan (QS An-Nur 30-31). Walaupun yang dilihat foto menutup aurat, jika membangkitkan syahwat...segera palingkan pandangan.

Remaja punya banyak waktu stalking akun-akun idolanya, karena potret remaja saat ini adalah remaja yang tidak produktif. Remaja yang dilahirkan dari sistem sekuler saat ini termasuk generasi santai yang kurang mengenal kerja keras. Sebab, kehidupan mereka biasa terbantu dengan teknologi. Maka arahkan remaja untuk produktif menghasilkan karya sendiri, supaya lebih sibuk berkarya daripada membandingkan dirinya dengan akun-akun idolanya.

 Seperti kesibukan remaja di zaman sahabat atau peradaban Islam, sehingga banyak lahir orang hebat di usia muda.

(Sumber Group Whatsapp Share Kajian Muslimah)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA KAPITALISME MENGUASAI DUNIA Part 3/9

Caranya adalah dengan mendorong munculnya Undang-Undang Privatisasi BUMN. Dengan adanya jaminan dari UU ini, perusahaan kapitalis dapat dengan leluasa “mencaplok” satu per satu BUMN tersebut. Tentu tetap dengan dukungan permodalan dari dua lembaganya, yaitu perbankan dan pasar modal Jika dengan cara ini kaum kapitalis sudah mulai bersinggungan dengan UU, maka sepak terjangnya tentu akan mulai banyak menemukan hambatan. Bagaimana cara mengatasinya? Caranya ternyata sangat mudah, yaitu dengan masuk ke sektor kekuasaan itu sendiri. Kaum kapitalis harus menjadi penguasa, sekaligus tetap sebagai pengusaha Untuk menjadi penguasa tentu membutuhkan modal yang besar, sebab biaya kampanye itu tidak murah. Bagi kaum kapitalis hal itu tentu tidak menjadi masalah, sebab permodalannya tetap akan didukung oleh dua lembaga sebelumnya, yaitu perbankan dan pasar modal Jika kaum kapitalis sudah melewati cara-cara ini, maka hegemoni (pengaruh) ekonomi di tingkat nasional hampir sepenuhn

PENJAJAHAN SYAHWAT

Penjajahan Syahwat Oleh : Ustazdah Asri Supatmiati (Penulis Buku dan Jurnalis) Sadarkah kita, Indonesia dijajah? Bukan lagi penjajahan fisik, bukan pula sekadar penjajahan ekonomi, politik, budaya, tapi sudah sampai penjajahan syahwat. Hal paling privat dalam kehidupan manusia. Hal paling tersembunyi dari diri seorang Muslim.  Namanya dijajah, syahwat dikendalikan sesuai kehendak penjajah. Karena penjajahnya berideologi sekuler liberal, maka syahwat dibuat supaya liberal. Bebas. Liar. Mengikuti pandangan mereka dalam mendefinisikan apa itu syahwat. Apa itu naluri seksual. Alat penjajahan syahwat itu adalah konten pornografi dan pornoaksi (PP). Media untuk menjajah syahwat itu adalah internet, video, game, komik, film, musik, foto, patung, lukisan, iklan, dan bahkan buku pelajaran anak TK. Na'udzubillahi minzalik. Sejak kapan penjajahan syahwat itu masuk Indonesia? Sekitar 10 atau boleh jadi 20 tahun lalu. Menurut budayawan Taufik Ismail, sedikitnya ada 13